Thursday, March 27, 2014

Timer adalah sebuah komponen listrik penghitung waktu. Ketika waktu yang telah ditentukan tercapai, maka output kontaknya akan bekerja. Output kontak timer biasanya berupa kontak NO (Normally Open) dan NC (Normally Close).

Sinyal timer didapat dari supplai arus listrik pada koil timer yang akan membuat Timer ON. Respon terhadap sinyal tersebut, dapat diatur sesuai dengan fungsi Timer itu sendiri.

Pada Timer Analog tipe H3CRA-8 merk Omron dapat di set detik, menit atau jam. Dan terdapat empat model operasi yang bisa dipilih sebagai respon terhadap sinyal arus listrik pada koil timer :

1. Mode A : On Delay
Pada mode ini bila kita set waktu 5 menit, maka ketika ada sinyal arus listrik di koil timer (Timer ON) maka 5 menit kemudian, kontak NC yang sebelumnya tertutup menjadi membuka dan sebaliknya kontak NO akan menutup.

2. Mode B2 : Flicker On Start
Pada mode ini bila kita set waktu 5 menit, maka ketika Timer ON maka seketika itu juga NC membuka dan NO menutup, dan posisi akan bergantian berubah setiap 5 menit.

3. Mode E : Interval
Pada mode ini bila kita set waktu 5 menit, maka ketika Timer ON maka seketika itu juga NC membuka dan NO menutup selama 5 menit kedepan. Dan setelah 5 menit, NC akan menutup dan NO akan membuka lagi.

4. Mode J : One Shot Ouput
Pada mode ini bila kita set waktu 5 menit, dan ketika Timer ON maka 5 menit kemudian NC yang semula menutup akan membuka dan NO akan menutup selama sekitar 1 detik dan akan kembali ke posisi semula lagi.

Timer merupakan salah satu komponen sistem otomasi yang penting.
Berikut spesifikasi teknis timer H3CRA-8 Omron :
- 100-240 VAC (50/60 Hz)/24-125 VDC
- 8 pin; 2 NO + 2 NC
- Soket : PF083AE

Harga Timer H3CRA8 Omron : Rp 200.000,-
Untuk datasheet Timer Analog H3CRA8 merk Omron, silahkan klik :
Timer Analog H3CRA-8 Unix Electrical

Note :
- Harga bisa berubah sewaktu-waktu
- Harga belum termasuk ongkir luar Semarang
- Beli banyak harga lebih murah
- Info dan datasheet : marketing@unix-electrical.com 
- Website : www.unix-electrical.com
Powered by Blogger.